Cara Membuat Kliping Bencana Alam & Olahraga yang Benar + Contoh

Cara Membuat Kliping – Apa kabar teman-teman trik cara tips semua? Sempga selalu baik ya. Nah pada kesempatan kali ini tim redaksi trikcaratips.com akan memberikan kamu tips bermanfaat nih, yaitu cara membuat kliping , Kliping Bencana Alam, sekaligus contoh cover kliping khusus buat kamu.

Sebelum Kita meluncur ke TKP nih. Kamu musti tahu dulu apa itu kliping. Karena guru di beberapa mata pelajaran tertentu memerintahkan para muridnya untuk membuat kliping. Ada bermacam-macam kliping yang ditugaskan oleh guru, sehingga kita akan berbagi berbagai contoh membuat kliping bencana alam, kliping olahraga, kliping pkn, hingga kliping tentang kerusakan lingkungan.

Pengertian Kliping

Membuat Kliping
sumber: youtube.com

Kliping adalah kegiatan menempelkan potongan-potongan gambar atau artikel ke dalam sebuah buku atau kertas karton. Sumber kliping sendiri bisa dari buku, koran, majalah, atau media cetak lainnya yang sudah di bentuk sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik.

Tujuan membuat kliping sendiri ada berbagai macam, mulai untuk mempermudah sebuah pekerjaan dengan konsep tertentu, hingga membuat sebuah bacaan atau petunjuk terlihat lebih menarik dan mudah untuk dipahami.

Cara Membuat Kliping

Membuat Kliping
sumber: thespruce.com

Hal yang perlu diperhatikan ketika kamu hendak membuat kliping adalah terletak pada temanya. Usahakan potongan gambar dan artikel yang kamu pilih sesuai dengan tema. Sehingga kliping yang kamu gunakan sesuai dengan konsep, dan mudah untuk dipahami setiap orang.

Misalnya kamu ingin cara membuat kliping tentang resep makanan dari keju, maka masukkanlah gambar yang terdapat unsur kejunya, dan tentunya ditambah dengan artikel yang mempunyai komposisi keju. Berikut ini langkah-langkah membuat kliping yang perlu kamu lakukan:

1. Menentukan Tema Kliping

kliping yang baik dan benarsumber: LiveitLoveitMakeit.com

Baca juga: Cara Menulis Aksara Jawa

Tentukan terlebih dahulu tema atau topik dari kliping. Sebelum membuat kliping, buatlah terlebih dahulu sesuai dengan tema yang kamu inginkan, contohnya seperti kliping olahraga, kliping bencana alam, kliping teknologi, atau mungkin kliping pengalaman pribadi kamu.

Setelah mementukan tema sesuai dengan yang diinginkan, cara membuat kliping selanjutnya maka dilanjutkan dengan menentukan seperti apa jenis artikel dan gambar yang hendak digunakan.

2. Mengumpulkan Bahan Kliping

Mengumpulkan Bahan Kliping
sumber: Shutterstock.com

Ketika membuat kliping, sudah barang tentu kamu membutuhkan gambar dan artikel untuk nantinya di jadikan sebagai bahan untuk ditempelkan pada buku atau kertas karton. Untuk cara membuat kliping yang baik adalah melakukan pengumpulan bahan kliping ini, kamu bisa mencarinya diberbagai sumber.

Kamu bisa mencarinya di majalah, koran, atau internet. Maksudnya mencarnya di internet yaitu nantinya kamu bisa print out file yang ada kemudian dipotong sesuai keinginan. Bahkan kamu juga bisa mengambil bahan dari cover buku apapun asalkan mempunyai keterkaitan dan sesuai dengan tema.

Dalam pengumpulan bahan dan data kliping, carilah bahan kliping dari media cetak seperti majalah, surat kabar, buku, ataupun media lainnya seperti internet. Siapkan pula kertas HVS atau kertas kapten saebagai alas atau tempat yang natinya akan digunakan untuk menempelkan gambar dan artikel-artikel.

3. Menyiapkan Alat untuk Membuat Kliping

Alat Membuat Kliping
sumber: thespruce.com

Setelah bahan dikira sudah cukup dan memadai, maka dilanjutkan dengan mempersiapkan alat-alat-alat untuk membuat kliping. Siapkanlah gunting, lem, penggaris. Untuk hasil yang lebih indah. Nantinya kamu bisa menggunakan spidol untuk memberikan warna atau goresan yang unik dan indah dalam tulisan.

Dalam proses cara membuat kliping, kamu perlu menghias kliping agar terlihat menarik, kamu bisa tambahkan hiasan atau bahkan spidol warna untuk mempercantik tulisannya.

4. Pembentukan Kertas Kliping

Pembentukan Kertas Kliping
sumber: Shutterstock

Lakukanlah pemotongan dan pembentukan artikel dan gambar sesuai dengan selera namun tetap rapi. Sesuaikan juga ukurannya dalam cara membuat kliping ini sehingga akan lebih mudah dalam penempelan pada kertas atau karton yang digunak

5. Menempel Kertas pada Media Kliping

Menempel Kertas pada Media Kliping
sumber: Practically Functional

Nah, dibagian ini, cara membuat kliping selanjutnya adalah kamu tinggal menempelkan gamabar dan artikel-artikel yang sudah dibentuk dengan potongan-potongan yang telah disesuaikan. Tempelkanlah satu per satu potongan secara hati-hati, sehingga hasilnya akan lebih rapi dan terelihat indah teratur.

6. Cover Kliping

Membuat Cover Kliping
sumber: caputcauda

Untuk pembuatan cover kliping, kamu harus membuatnya semenarik mungkin. Cover merupakan sebuah kesan pertama yang bisa dijumpai si pembaca. Apabila cover mempunyai bentuk dan penampilan yang menarik. maka akan banyak orang yang tertarik dan penasaran untuk melihat isinya.

membuat Cover Kliping
sumber: pinterest.co.uk

Cover Kliping biasanya dibuat sangat menarik. Cover diberi beberapa hiasan dengan gambar-gambar yang unik. Cover kliping juga bisa diberikan gambar untuk menarik perhatian orang yang melihatnya untuk membuka dan melihat isi kliping.

Kliping adalah salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian iorang lain, tidak terkecuali orang terkasih. Sesekali buatlah kliping untuk kamu berikan kepada orang tercinta sebagai kejutan di hari spesial. Pasti usaha kamu akan membuatnya lebih merasa dihargai.

Contoh Cover Kliping

kliping seni budaya
sumber: youtube.com

Gambar di atas adalah salah satu ,contoh cover kliping yang indah, namun masih memperhatikan nilai elegan dengan warna hitam putihnya yang dominan. Cover kliping seperti ghambar di atas tentunya akan membuat semua orang tertarik untuk melihat isinya.

Bahkan mungkin kamu juga penasaran kan apa isi kliping pada gambar di atas? Hehe.

7. Membuat Daftar Isi / Daftar Pustaka

Daftar Isi
sumber: makalahcopy

Sebenarnya pembuatan daftar isi atau daftar pustaka tidaklah wajib. Pembuatan daftar isi dianjurkan ketika jumlah lembaran dari kliping mempunyai lebih dari 10 halaman. Daftar isi nantinya akan lebih berfungsi sebagai penunjuk dalam mempermudah pembaca untuk menemukan artikel yang ingin dia akses.

Kamu bisa memotong gambar yang sekirangya cocok dengan tema. Potonglah kertas secara rapi menggunaka gunting. Pengaturan letak potongan gambar disesuaikan dengan letak artikel yang hendak dihubungkan dengan gamber tersebut. Sehingga pembaca dengan mudah memahami isi kliping.

8. Kata Pengantar Kliping

kliping adalah
sumber: ModPodgeRocksblog.com

Kata pengantar kliping digunakan untuk memperjelas untuk apa kliping ini dibuat. Tetapi kata pengantar  di dalam proses cara membuat kliping ini tidaklah terlalu penting mengingat poin utamanya terletak pada isi kliping yang menjadi target utama untuk menyampaikan sebuah pesan kepada si pembaca.

Contoh Kliping

Kliping
sumber: blogoinformasi.com

Di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh kliping yang nantinya bisa kamu jadikan sebagai salah satu referensi yang bisa kamu gunakan. Karena memang terkadang guru memberikan tugas untuk membuat kliping. Berikut ini tutorial lengkap cara membuat kliping:

1. Contoh Kliping Bencana Alam

Kliping Bencana
sumber: youtube.com

Kliping bencana alam adalah kliping yang mempunyai tema kejadian bencana-bencana alam yang telah terjadi di berbagai belahan dunia. Kliping bencana alam biasanya terdapat gambar-gambar peristiwa ketika bencana alam terjadi.

Untuk hasil yang maksimal, maka cantumkan pula potongan gambar yang menunjukkan akibat atau dampak yang ditimbulkan setelah terjadi bencana alam tersebut. Perlu memberikan keterangan secara mendetail. Misalnya waktu kejadian, lokasi kejadian, dan keterangan seperti apa peristiwa tersebut terjadi.

2. Contoh Kliping yang Benar

Contoh Kliping pendidikan
sumber: etsystudio.com

Gambar di atas merupakan salah satu contoh kliping bencana alam dalam bahasa Inggris. Pada gambar di atas, kliping bencana alam terfokus pada tema gunung berapi. Dicantumkan gambar-gambar gunung berapi dan terdapat beberapa penjelasan mengenai dampak dan akibat yang ditimbulkan.

Kliping bencana alam yang nantinya kamu hendak buat-pun direkomendasikan untuk menceritakan secara nyata seperti apa dampaknya. Dan bagaiman proses terjadinya dampak, sehingga mengakibatkan kerugian materil maupun nonmateril.

Buatlah kliping senatural mungkin, dengan keterangan yang jelas sesuai dengan fakta yang ada. Sehingga tidak terkesan mengada-ada. Karena guru akan memberikan nilai salah satunya dari validitas informasi yang diberikan di dalam sebuah kliping.

3. Kliping Bencana Alam di Indonesia

membuat kliping
sumber: cnn.com

Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah pulau tak kurang dari 17 ribu pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dengan banyaknya pulau, Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai resiko bencana alam dalam kategori rentan.

Di tambah lagi Indonesia mempunyai ratusan gunung dan masih banyak gunung berapi yang masih aktif. Tentu saja hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduiduk yang perlu senantiasa waspada terhadap resiko-resiko bencana alam yang mungkin terjadi kapan-pun.

Nah, untuk membuat kliping bencana alam di Indonesia, sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengumpulkan beberapa koran atau majalah yang menginformasikan terkait bencana alam yang pernah terjadi di masa lalu.

Sebagai contoh, seperti bencana alam tsunami yang dulu pernah terjadi di Aceh dan Nias, letusan gunung merapi, atau angin puting beliung yang sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Setelah menentukan topik yang akan di bahas pada kliping bencana alam di Indonesia.

4. Contoh Kliping Olahraga

contoh Kliping Olahraga
sumber: espnfc.com

Kliping Olahraga adalah salah satu jenis kliping yang sangat menarik dan menjadi kesukaan banyak remaja dan anak muda. Biasanya mereka membuat kliping tentang olahraga kesukaan mereka, dengan menempelkan beberapa gambar dan bahasan mengenai olahraga favorit mereka.

Di samping itu, biasanya mereka akan menempelkan gambar-gambar idola mereka pada kliping yang hendak ia buat. Misalnya bagi yang menyukai bola, maka dia akan menempelkan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo di dalam salah satu halaman dalam kliping mereka.

Untuk olahraga bulutangkis misalnya, mereka akan menempelkan gambar pebulutangkis idola mereka yang sedang beraksi di tengah lapangan. Sebut saja Taufik Hidayat, Lilyana Natsir, atau Tantowi Ahmad.

5. Contoh Kliping Sejarah Indonesia

Untuk mebuat kliping sejarah, dalam hal ini khususnya kliping sejarah Indonesia, tentu saja membutuhkan perjuangan yang lebih keras dibandingkan dengan membuat jenis kliping lainnya. Hal ini terjadi karena keterkaitannya dengan sumber informasi yang di zaman dahulu masih banyak menggunakan radio recorder, serta koran atau surat kabar.

Namun bagi para pecinta sejarah, hal ini justru sangat menarik dan menantang. Usaha yang dilakukan tentunya bukanlah usaha yang biasa saja. Kita harus mampu mencari sumber referensi dengan orang-orang yang mempunyai keterkaitan dengan sejarah masa lampau.

6. Contoh Kliping TIK

sumber: unpad.ac.id

Membuat kliping TIK merupakan sebuah kegiatan yang cukup menarik mengingat Teknologi dan Informasi kian berkembang dari masa ke masa. Bagi kamu yang hendak membuat kliping TIK ini. Kamu akan banyak menemukan berbagai macam referensi, baik koran, majalah, ataupun tabloid.

Penyampaian redaksi yang semakin menarik, serta gambar-gambar yang kian atraktif akan banyak menarik perhatian siapapun yang meliriknya.

Nah, demikianlah penjelasan kami mengenai contoh kliping, cara membuat kliping, Kliping Bencana Alam, kliping TIK, sekaligus contoh cover kliping. Semoga dapat bermanfaat dan membuat kliping kamu terlihat indah, unik, dan tentunya mendapat nilai yang memuasakan di mata guru.

Tinggalkan komentar