Cara Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat & Tidak Keguguran

Cara Menjaga Kehamilan – Awal waktu kehamilan atau kerap disebut pula dengan hamil muda, merupakan saat- saat yang dapat membingungkan. Dengan beragam perubahan yang dialami, sebaiknya ditanggapi bersama dengan penanganan yang tepat guna melindungi kehamilan supaya senantiasa sehat.

Banyak perubahan-perubahan pada tubuh yang dipicu oleh hormon, hal ini adakah proses alami supaya bayi dapat tumbuh bersama dengan normal dan sehat di dalam kandungan. Hal ini tentunya memerlukan beberapa hal yang harus diperhatiakan di dalam tahapan cara menjaga kehamilan.

Cara Menjaga Kehamilan

Cara Menjaga Kehamilan Muda
sumber: cdc.gov

Ada banyak hal yang musti diperhatikan ketika seorang perempuan sudah mulai hamil. Berbagai macam program dan penjadwalan yang tepat akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin yang berada di dalam kandungan. Berikut sebagian hal yang dapat Anda praktekkan dan dilakukan ibu hamil untuk melindungi kehamilan muda:

 Keluhan & Perubahan Fisik Ketika Hamil

Perubahan Fisik Ketika Hamil
sumber: Pixabay.com

Mengatasi Keluhan dan perubahan pada fisik perlu diperhatikan. Ada banyak hal perubahan yang terjadi pada fisik ketiak dalam masa kehamilan yang biasanya berjalan yakni mual saat hamil muda, disertai muntah, payudara yang jadi nyeri, kerap buang air kecil, pusing saat hamil dan susah buang air besar.

Reaksi lain juga bisa terjadi atau keinginan makan sesuatu di luar kebiasaan. Selain itu, ibu hamil termasuk ada yang peka terhadap bau parfum ataupun asap rokok.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit

Makan dalam Porsi yang Sedikit namun Sering

Makan dalam Porsi Sedikit namun Sering
sumber: thetot

Untuk dapat meringankan adanya keluhan saat hamil, dapat mengkonsumsi makanan di dalam porsi kecil dengan intensitas sering. Perbanyak minum air, selingi bersama dengan minuman jahe. Cukupi asupan protein dan zat besi untuk menolong kurangi rasa lemas saat hamil muda.

Guna menahan sembelit saat hamil muda, batasi makanan yang digoreng, makanan pedas, dan minuman soda. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan makanan kaya serat dan lakukan aktivitas tubuh yang ringan.

Jangan Menahan Buang Air Kecil

Menahan Buang Air Kecil
sumber: tribunnews.com

Jangan menahan buang air kecil, dikarenakan dapat sebabkan infeksi saluran kemih. Untuk kurangi buang air kecil terhadap sedang malam, kurangi minum menjelang sore. Untuk menolong menangani pusing saat hamil muda, menjauhkan berdiri sangat lama dan jangan mengubah posisi tiba-tiba. Berbaring ke sebelah kiri bakal menolong meringankan pusing.

Menghindari Rokok, Minuman Beralkohol, serta Kafein

Menghindari Minuman Beralkohol, serta Kafein
sumber: Metro.co.uk

Salah satu faktor risiko yang dapat sebabkan keguguran, persalinan prematur, dan plasenta mempunyai masalah adalah merokok saat hamil. Beberapa penelitian mengaitkan rokok bersama dengan situasi bibir sumbing.

Hindari termasuk minuman beralkohol dikarenakan dapat meningkatkan risiko berat bayi lahir rendah, problem belajar, bahasa, bicara, dan jadi hiperaktif. Batasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein saat hamil untuk menjauhkan risiko keguguran dan kasus lain didalam melindungi kehamilan Anda

Menjauhkan Diri dari Penggunaan Zat Kimia

Menjauhkan Diri dari Zat Kimia
sumber: bateschemical.com

Selain itu, menjauhkan aktivitas atau hobi yang sebabkan ibu hamil pakai zat kimia seperti cairan pembersih, pestisida, atau yang mempunyai kandungan logam berat.

Menjaga Stabilitas Emosi

Stabilitas Emosi
sumber: stock clip

Kehamilan dapat sebabkan beragam emosi, seperti gembira, bersemangat hingga gelisah dan lelah. Ibu hamil seringkali kuatir mengenai situasi bayi, kapabilitas mengasuh, hingga situasi finansial. Namun, jangan hingga hal-hal selanjutnya sebabkan stres.

Sangat normal ibu hamil mengalami perubahan emosi yang naik turun atau tiba-tiba jadi inginkan menangis. Nikmati tiap-tiap sistem didalam melindungi kehamilan, jangan sangat memaksakan atau menghakimi diri. Minta perlindungan berasal dari keluarga dan pasangan. Jika perubahan mood jadi sangat intensif, sebaiknya konsultasi bersama dengan dokter atau psikolog.

Mempererat Hubungan & Interaksi dengan Pasangan

Mempererat interaksi dengan Pasangan
sumber: favim.com

Kehamilan merupakan saat yang pas untuk meningkatkan keintiman terhadap pasangan. Ungkapkan secara jujur mengenai kebutuhan, kekhawatiran, permasalahan, dan harapan yang dirasakan. Minta pasangan lakukan hal yang sama.

Membahas berbagai hal untuk masa depan si calon bayi bersama pasangan bakal menolong memperkuat rasa kebersamaan sebagai pasangan. Aktivitas seksual ibu hamil tak jarang terganggu, lantaran mual, lelah, ataupun kehilangan mood.

Pilih saat yang pas untuk terjalin intim saat ibu hamil jadi nyaman. Tidak kudu kuatir efek aktivitas selanjutnya terhadap janin, dikarenakan janin bakal dilindungi oleh kantung ketuban, otot-otot rahim, dan cairan yang melindungi leher rahim terhadap infeksi.

Mewaspadai Tanda-tanda Berbahaya Ketika Hamil

Tanda-tanda Berbahaya Ketika Hamil
sumber: saopaulocenter

Timbul flek atau perdarahan gampang terjadi saat kehamilan trimester pertama, termasuk normal. Namun, waspadai tanda-tanda keguguran seperti perdarahan saat hamil yang lebih banyak yang disertai sakit perut ataupun tidak.

Demikian pula terkecuali cairan vagina saat hamil muda, mengalami perubahan warna, bau, ataupun sebabkan gatal. Ada bisa saja berjalan infeksi yang kudu langsung ditangani dokter. Infeksi termasuk dapat menimbulkan tanda-tanda rasa panas atau nyeri saat buang air kecil.

Mual dan muntah termasuk termasuk normal saat hamil muda, yang biasanya tambah gampang terhadap umur kehamilan 12-14 minggu. Konsultasikan bersama dengan dokter terkecuali mual dan muntah, diiringi bersama dengan demam, detak jantung tak beraturan, muntah berdarah, ataupun berjalan penurunan berat badan, dehidrasi dan pusing secara berlebihan.

Melakukan Pemeriksaan & Konsultasi Rutin dengan Bidan atau Dokter

Rutin dengan Bidan atau Dokter
sumber: wordpress

Lakukan pemeriksaan terhadap bidan atau dokter takaran secara teratur. Kunjungan pertama, biasanya seputar kesegaran ibu hamil dan memilih umur kehamilan. Pemeriksaan awal terhadap kehamilan trimester pertama termasuk ada bisa saja mengidentifikasi faktor risiko dan memeriksakemungkinan terjadinya kelainan kromosom terhadap janin.

Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

Pemeriksaan terhadap kehamilan trimester pertama di mana yang normal yakni per enam minggu. Jangan pernah malu untuk mengajukan pertanyaan mengenai kehamilan atau rencana persalinan nanti terhadap sang bidan atau dokter takaran Anda.

Kehamilan muda termasuk saat yang tentunya kita harus menaruh perhatian khusus. Keluhan yang dapat ditimbulkan terhadap masa tersebut, memang musti disikapi bersama tentunya dengan tindakan yang tepat. Konsultasikan langsung terhadap bidan atau dokter, terkecuali timbul tanda-tanda bahaya didalam melindungi kehamilan.

Menjaga Kehamilan Muda

Untuk ibu muda atau mama muda. Tentunya perlu melakukan perhatian khusus dalam menjaga kehamilan. Apa lagi ketika menghadapi hamil yang pertama kalinya. Hal ini memerlukan beberapa cara untuk berlatih dalam menjaga kehamilannya.

Cara menjaga kehamilan yang tepat berperan penting bagi kesehatan bayi dan perkembangannya di dalam rahim. Selalu lakukan hal-hal yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang calon bayi dengan mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman dengan gizi yang cukup.

Tundakan ini juga akan sangat berpengaruh di dalam menghindari terjadinya kondisi gizi buruk pada bayi yang sangat berbahaya dalam jangka waktu yang lama. Pemenuhan nutrisi semenjak di masa kandungan akan merangsang bayi menjadi lebih aktif dan tumbuh lebih cepat dan maksimal.

Mengkonsumsi Makanan dan Minuman  Bergizi

Makanan dan Minuman  Bergizi
sumber: alimentarium.org

Cara menjaga kehamilan yang cukup penting yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan & minuman yang kaya akan nutrisi. Makanan dengan banyak kandungan vitamin, mineral, zat besi, kalsium, asam folat, protein dapat Anda temukan pada makanan alami seperti pada ikan dan kacang-kacangan.

Menghindari Olahraga Berlebihan Ketika Hamil

Menghindari Olahraga Berlebihan
sumber: gigazine.net

Sebagai seseorang yang sedang hamil, Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan segala tindakan. Tak terkecuali dalam berolahraga. Hal ini bukan bermaksud mencegah Anda untuk berusaha. Namun lakukanlah olahraga yang ringan-ringan saja.

Tidak perlu melakukan olahrag yang berat. Jangan melakukan olahraga yang menggunakan gerakan cepat atau lari. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan dengan melakukan gerakan peregangan secara perlahan tanpa menggunakan musik.

Dengan cara menjaga kehamilan yang satu ini, Anda masih bisa mendapatkan keringat tanpa perlu membahayakan janin yang berada di dalam kandungan Anda. Tentunya badan akan lebih segar, sekalipun dalam kondisi hamil.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika Anda sedang hamil. Cara menjaga kehamilan harus kita pelajari agar bayi yang ada di dalam kandungan tetap nyaman dan aman serta terlahir dengan sehat tanpa ada kelainan. Semoga dapat bermanfaat & Slilahkan tinggalkan komen pada kolom di bawah ini.

Tinggalkan komentar