Cara Merawat Gigi agar Putih Kuat & Terbebas dari Karang & Berlubang

Cara Merawat Gigi – Gigi putih dan bersih tentunya sudah pasti di idamkan oleh tiap tiap orang. Ada banyak langkah untuk memperoleh gigi yang bersih dan putih jadi dari langkah yang perlu sistem yang lama hingga langkah yang hanya perlu sistem yang singkat.

Warna gigi sendiri bisa terpengaruhi oleh dua faktor yakni faktor eksternal dan ada pula faktor internal. Faktor eksternal adalah faktor dari luar yang kita melaksanakan yang bisa mengubah warna gigi apabila makan makanan yang tidak sehat untuk gigi.

Sedangkan faktor internal adalah faktor dari didalam yang nampak akibat dari kurangnya perhatian kita pada tubuh kita layaknya produksi air liur yang tidak maksimal karena asupan air putih yang kurang kita perhatikan.

Cara Merawat Gigi

Cara memelihara Gigi
sumber: holladaydentalstudio.com

Nah, didalam artikel ini saya akan mengulas berbagai macam langkah menjaga gigi supaya selamanya putih baik itu dari faktor internal dan eksternal yang bisa menolong Anda didalam menjaga gigi putih berseri Anda.

1. Menggosok Gigi

menyikat Gigi
sumber: 800doctor.com

Kembali lagi kepada perihal yang paling mendasar untuk menjaga warna gigi kita selamanya putih dan bersih yakni bersama langkah menyikat gigi. Menyikat gigi secara teratur dua kali sehari dan menyikat gigi sebelum tidur akan menolong Anda memperoleh gigi yang sehat.

Menggosok gigi merupakan cara merawat gigi yang merupakan usaha guna terhindar dari bermacam bakteri dan kotoran yang bisa membuatnya rusak lebih-lebih mengubah warnanya.

2. Mengurangi Konsumsi Kopi

pengaruh Kopi pada gigi
sumber: WatchFit

Kopi adalah di dalam salah satu perihal yang barangkali akan sangat sukar dihindari. Pada kopi terkandung senyawa kimia alami yang membuat warna kopi jadi enteng melekat pada substrat lain dan sangat sukar untuk dihilangkan.

Oleh karena itu, tidak heran apabila cangkir kopi akan miliki noda warna yang memadai sukar untuk dihilangkan. Bagi Anda yang barangkali jadi sangat sukar untuk jauhi kopi coba untuk kurangi konsumsinya.

3. Flossing atau Benang Gigi

Flossing
sumber: npr.org

Flossing atau benang gigi juga merupakan keliru satu langkah yang bisa Anda mengfungsikan untuk menyempurnakan kebersihan gigi Anda. Lakukan flossing bersama perlahan supaya tidak menyakiti gusi Anda.

Cara ini diakui efisien untuk menghindarkan gigi putih Anda dari plak yang melekat dan bisa memengaruhi warna gigi Anda. Lakukan flossing seusai menyikat gigi dan sebelum mengfungsikan obat kumur untuk hasil yang maksimal.

4. Mengurangi Konsumsi Gula

Mengkonsumsi Gula
sumber: marketwatch.com

Gula adalah merupakan sebagai salah satu sumber nutrisi bagi bakteri untuk hidup dan berkembang. Konsumsi gula yang tinggi akan membuat bakteri pada mulut sangat betah untuk selamanya tinggal dan menyebabkan kerusakan gigi disana.

Akibatnya, gigi yang pada awalnya berwarna putih bisa berubah warna jadi kekuningan karena plak yang dihasilkan oleh bakteri. Plak ini adalah akumulasi dari bakteri dan sisa – sisa makanan yang melekat pada gigi, dan akan sangat sukar untuk dihilangkan.

5. Mengganti Sikat Gigi secara Rutin

menyikat gigi
coburgdentalgroup.com.au

Tidak hanya teratur menyikat gigi dua kali sehari namun kita juga mesti untuk teratur mengganti sikat gigi kita. Sikat gigi yang sangat lama digunakan sudah pasti miliki bulu sikat yang jadi tidak tertib dan berantakan.

Akibatnya, bukan jadi membersihkan gigi namun bulu sikat yang rusak ini bisa jadi menyakiti gusi. Akhirnya, gigi kita juga tidak jadi bersih namun jadi diperparah kondisinya. Rekomendasi yang dianjurkan adalah dengan mengganti sikat gigi minilam 2 bulan sekali untuk hasil terbaik.

6. Hindari Antibiotik Dosis Tinggi

Antibiotik Dosis Tinggi
sumber: dailymail

Banyak orang yang mengfungsikan antobiotik dosis tinggi secara sembarangan. Karena sudah miliki kebiasaan mengfungsikan antibiotik dosis tinggi maka apabila mereka mengalami sakit enteng layaknya batuk atau flu, obat biasa tidak akan manjur.

Penggunaan antibiotik yang sembrono dan tidak berdasarkan resep dan arahan pemanfaatan dari dokter juga bisa membuat perubahan warna pada gigi Anda.

7. Pasta Gigi Mint

Pasta Gigi
sumber: blogspot

Pasta gigi mint miliki formulasi khusus untuk memberi tambahan gigi yang putih. Pasta gigi tipe ini sebetulnya sengaja diformulasikan untuk mereka – mereka yang mendambakan tampilan gigi yang selamanya putih dan bersih.

Selain itu, sudah banyak orang juga yang menunjukkan kebenaran dari penggunaaan pasta gigi yang miliki takaran mint. Cara ini bisa Anda coba untuk menjaga warna gigi Anda.

8. Gunakan Sikat Gigi Elektrik

Gunakan Sikat Gigi Elektrik
sumber: global estetik

Sikat gigi elektrik miliki nilai lebih bagi Anda yang sangat memperhatikan tampilan gigi Anda. Sikat gigi elektrik dilengkapi bersama alarm kala yang akan memberi mengetahui Anda kapan Anda mesti mengakhiri untuk menyikat gigi Anda.

Sebenarnya penggunaan sikat gigi elektrik relatif pengaruhnya terhadap kesehatan gigi. Beberapa sikat gigi elektrik yang sudah sengaja di setting sedemikian rupa bisa menyesuaikan kontur gigi mungkin akan bermanfaat dan memaksimalkan hasil yang lebih bersih.

Namun hal itu akan menjumpai masalah, ketika sikat gigi elektrik bergerak secara acak dan tidak sesuai dengan alur atau kontur gigi. Tentu saja itu bisa memberi efek samping mulai dari merusak email gigi hingga melukai gigi.

9. Menggunakan Daun Sirih

Menggunakan Daun Sirih
sumber: Merdeka.com

Daun sirih adalah sebuah bahan alami yang kerap dimanfaatkan di dalam pembuatan pasta gigi. Karena sifatnya yang alami dan bisa menolong menjaga warna putih pada gigi, Anda juga bisa mencobanya sebagai obat kumur.

Anda hanya mesti merebusnya khususnya dahulu sebelum menggunakannya sebagai obat kumur. Daun sirih ini bahkan sudah digunakan oleh para sesepuh kita di masa lampau. Apabila Anda tinggal di kampung-kampung mungkin Anda akan menjumpai orang-orangtua yang menggunakan sirih dengan gigi yang masih kuat dan lengkap.

10. Konsumsi Makanan untuk Gigi

Konsumsi Makanan untuk Gigi
sumber: Shiny Smile Dental Clinic

Cara menjaga gigi supaya selamanya putih sesudah itu adalah bersama mengonsumsi makanan. Ada sebagian makanan yang diklaim sebetulnya bisa menolong warna gigi Anda supaya nampak selamanya putih dan bersih.

Beberapa makanan tersebut antara lain adalah brokoli, seledri, apel, dan wortel. Beberapa makanan sehat tersebut bisa Anda mengonsumsi untuk menjaga gigi putih cantik Anda dari dalam.

11. Rutin Periksa dan Konsultasi ke Dokter Gigi

sumber: wordpress

Sebaik – baiknya perawatan gigi yang kita melaksanakan sendiri, akan lebih baik apabila kita juga teratur untuk memeriksakan situasi gigi kita kepada dokter gigi. Dokter gigi bisa menolong Anda untuk melihat situasi gigi Anda dan membersihkan kotoran melekat yang sukar Anda membersihkan sendiri. Dengan dukungan dokter, gigi putih Anda akan terbantu perawatannya secara lebih maksimal.

12. Menjaga Kebersihan Lidah

Kebersihan Lidah
sumber: TheHealthSite.com

Lidah juga adalah termasuk ke dalam salah satu anggota mulut kita yang fungsinya juga terjadi cocok menolong faedah gigi didalam mencerna makanan secara mekanis didalam mulut. Lidah yang kontor dan tidak terjaga kesehatannya akan mengkontribusikan sejumlah bakteri pada gigi.

Lidah yang berwarna putih adalah sebuah ciri atau indikasi lidah yang tidak sehat, karena itu Anda juga mesti teratur membersihkannya untuk cara merawat gigi beserta dengan lidah.

13. Asupan Kalsium yang Cukup

Asupan Kalsium
sumber: menuterraneo

Kalsium adalah unsur penting dalam takaran zat yang diperlukan untuk gigi. Kalsium juga bisa memperkuat tulang dan gigi. Cara menjaga gigi supaya selamanya putih bersama memperhatikan asupan kalsium yang memadai bisa menolong Anda untuk menjaga gigi putih Anda.

Hal ini dikarenakan, gigi akan jadi kuat dan tidak rentan akan pengikisan email yang bisa dijalankan oleh bakteri gigi sewaktu–waktu. Cara merawat gigi dengan kalsium ini salah satunya dengan memanfaatkan makanan kaya kalsium seperti susu atau daging, serta bisa juga dengan tablet kalsium yang bisa didapatkan di apotek terdekat.

14. Menggunakan Sedotan

Memakai Sedotan
sumber: bazarvoice

Seringkali kita melupakan pemanfaatan sedotan didalam meminum minuman berwarna layaknya jus dan sirup. Padahal, ternyata mengfungsikan sedotan bisa menolong kita untuk menjaga gigi kita supaya selamanya putih.

Sedotan yang kita mengfungsikan akan membuat minuman berwarna lewat mulut kita tanpa menyentuh gigi. Hal sederhana layaknya ini bisa kita coba untuk menghindar warna pada minuman melekat pada gigi kita.

15. Menghindari Makanan yang Berwarna Pekat

Makanan Berwarna Pekat
sumber: indianexpress.com

Makanan berwarna pekat layaknya jus, gulai, kari, soto, rawon, dan lain sebagainya juga bisa jadi ancaman untuk gigi putih Anda. Noda yang dibuat {beberapa|sebagian|lebih dari satu} makanan tersebut pada kain saja sudah sangat sukar untuk dihilangkan, lebih-lebih apabila makanan tersebut membuat noda pada gigi kita.

Beberapa bahan alami pada makanan tersebut layaknya kunyit, miliki zat aktif yang sangat enteng melekat dan sangat sukar untuk dibersihkan.

16. Menggunakan Obat Kumur

Obat Kumur
sumber: NetDoctor.co.uk

Cara menjaga gigi supaya selamanya putih sesudah itu adalah bersama mengfungsikan obat kumur. Obat kumur bisa memaksimalkan kebersihan mulut Anda setelah mengfungsikan sikat gigi. Apabila sikat gigi berperan pada sisa – sisa makanan yang memadai padat.

Obat kumur ini akan bekerja dalam memaksimalkan gigi yang lebih bersih dan mencegah datangnya kuman lebih lama. Maka, obat kumur akan menjangkau sisa – sisa makanan yang yang lengket dan tidak terjangkau oleh sikat gigi. Hal ini akan memaksimalkan kebersihan gigi Anda dan membuatnya selamanya putih.

17. Mengunyah Permen Karet Rendah Gula

Mengunyah Permen Karet
sumber: carlingwooddental.com

Cara menjaga gigi supaya selamanya putih sesudah itu adalah bersama mengonsumsi permen karet rendah gula. Bagi Anda yang merupakan pencinta permen karet, Anda bisa mengfungsikan langkah ini untuk cara merawat gigi dan membersihkan gigi Anda.

Sifat permen karet yang lengket bisa menolong Anda untuk membersihkan gigi dari sisa – sisa makanan yang menempel. Pastikan Anda mengfungsikan permen karet rendah gula atau mint supaya takaran gula pada permen karet tidak jadi menyebabkan kerusakan gigi Anda supaya Anda bisa memperoleh tampilan gigi putih yang maksimal.

18. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Konsumsi Air Putih yang Cukup
sumber: cardiff.ac.uk

Anjuran untuk mengonsumsi air putih adalah sebanyak dua liter sehari atau setara bersama delapan gelas tiap tiap harinya. Memenuhi kebutuhan air pada tubuh kita juga perlu hal itu akan berguna dalam cara merawat gigi dan bisa memengaruhi warna gigi kita.

Apabila badan kita kekurangan asupan air, maka produksi air liur bisa menurun. Produksi air liur yang alami penurunan bisa membuat sisa makanan yang terselip pada gigi tidak bisa dibersihkan secara maksimal dan akhirnya menimbulkan plak yang bisa mengubah warna gigi kita jadi kekuningan.

19. Menggunakan Garam Dapur

Garam Dapur
sumber: Health.com

Garam dapur bisa Anda mengfungsikan untuk obat kumur alami Anda. Garam dipercaya bisa menyehatkan dan menguatkan gigi. Selain itu garam juga bisa menolong kita untuk membunuh kuman yang bersarang pada sela–sela gigi. Sehingga tidak salah apabila garam adalah bahan paling mudah yang bisa digunakan untuk cara merawat gigi.

20. Bleaching Gigi

bleaching gigi
sumber; intisari

Bleaching gigi adalah langkah paling instan untuk menjaga gigi Anda selamanya putih. Tetapi ternyata langkah ini juga tidak bisa bertahan lama apabila Anda tidak menjaga kebersihan gigi Anda. Cara ini juga diklaim miliki pengaruh samping berupa gigi yang jadi lebih sensitif, karena itu konsultasikan khususnya dahulu prosedur ini sebelum Anda melakukannya.

Oleh karena itu, hal ini juga perlu banyak pertimbangan. Karena di dalam segi agama, bleaching masih menjadi kontroversial dan dianggap merubah ciptaan tuhan.

Itu tadi adalah berbagai macam cara langkah menjaga supaya gigi putih yang bisa kalian coba dan terapkan. Terimakasih sudah membaca dan ikuti website kita untuk begitu banyak ragam info menarik seputar kesegaran gigi dan mulut. Semoga artikel ini bisa berfungsi untuk menolong kalian menjaga warna putih bersih pada gigi kalian.

Tinggalkan komentar