Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Menurut Islam agar Anak Berbakti

KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP ANAK – Seorang anak merupakan sebuah titipan yang udah dikaruniakan oleh Allah SWT kepada sebuah pasangan orangtua untuk dirawat. Sebagai titipan, orang tua mempunyai kewajiban dalam menjaga anak – anaknya.

Oleh dikarenakan itu, orang tua semestinya menjaga dan mengasuh anak bersama dengan baik berdasarkan amanah yang diberikan Allah. Pemeliharaan anak dan pengasuhan yang baik dapat mengantarkan anak untuk tumbuh bersama dengan mempunyai akhlak dan kualitas generasi yang baik.

Banyak orang yang salah halangi pengasuhan anak bersama dengan memperlakukan anaknya sebagai sebuah hak mempunyai yang bisa diperlakukan sesuka hati. Sebagai anak harus diperhatikan bahwa mereka juga merupakan manusia yang mempunyai perasaan dan keperluan yang mesti dipenuhi.

Begitu pula orang tua, mereka mempunyai lebih berasal dari satu kewajiban orangtua terhadap anak khusus yang mesti dipenuhi kepada anaknya. Kewajiban orang tua terhadap anak yaitu. Kewajiban orang tua terhadap anak dalam perihal membesarkan anak sesungguhnya benar-benar perlu dalam membentuk anak sehingga berbudi dan berakhlak baik.

Sebagai orang tua, Memang orang tua tidak segera sadar bagaimana langkah menjadi orang tua yang baik untuk anak. Dikarenakan tidak ada anjuran yang baku mengenai mengenai tersebut. Kita cuma bisa berusaha menjaga dan mengedukasi anak sebaik – baiknya bersama dengan mengajarkan nilai kehidupan yang baik kepada anak.

Baca juga: cara membuat anak

Memberikan Nama yang Baik untuk Anak

Memberikan Nama kepada Anak
sumber: Fidelus Technologies

Memberikan nama yang baik kepada anak termasuk dalam salah satu kewajiban yang perlu untuk diketahui oleh orang tua, sebagaimana yang telah disebutkan di dalam hadits di bawah ini:

“Dari Samurah bin Jundap bicara bahwa Rasulullah SAW bersabda adalah sebagai berikut: “Anak tergadai bersama dengan aqiqahnya, disembelih terhadap hari ke tujuh sebagai tebusannya, diberi nama dan juga dicukur kepalanya terhadap hari itu” (HR. Tirmidzi)

Karena itu para orang tua mesti berkhayal bersama dengan sebaik-baiknya nama yang dapat diberikan kepada anaknya masing – masing. Apakah makna nama itu benar – benar mengandung kebaikan atau justru merupakan nama yang mengandung makna tidak cukup baik.

Memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada Anak

Memberikan ASI kepada Anak
sumber: menuterraneo

Kewajiban orang tua terhadap anak selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan memberi tambahan ASI (Air Susu Ibu). ASI udah terbukti di dalam banyak penelitian bahwa mengandung sangat banyak manfaat terhadap tumbuh perkembangan anak di sepanjang dua tahun pertama.

Dalam salah satu ayat Al Qur’an pun udah menyatakan bersama dengan memberi tambahan penjelasan mengenai perintah dan kewajiban orangtua terhadap anak dalam memberi Air Susu Ibu kepada anak ini sebagai berikut:

“Dan ibu-ibu hendaknya menyusui anak-anaknya sepanjang dua tahun penuh, bagi yang menginginkan menyusui secara sempurna. Dan kewajiban bapak menanggung nafkah dan busana mereka bersama dengan langkah yang patut.

Seseorang tidak dibebani lebih berasal dari kesanggupannya. Janganlah seorang menderita dikarenakan anaknya, dan jangan pula seorang bapak (menderita) dikarenakan anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) layaknya itu pula.

Apabila keduanya menginginkan menyapih bersama dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan terkecuali anda menginginkan menyusukan anakmu kepada orang lain.

“Tidak ada dosa bagimu memberi tambahan pembayaran bersama dengan langkah yang patut. Bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang anda kerjakan” (QS. Al Baqarah: 233)

Namun apabila memang ekadaannya ibu tidak bisa memberi tambahan air susu kepada anak, maka tidak mengapa untuk mencarikan gantinya dalam manfaatkan susu seorang wanita yang berakhlak baik dan dibayar bersama dengan sepatutnya. Namun masalah manfaatkan ibu susu ini mesti dikaji lebih jauh lagi, tidak bisa dilaksanakan secara serampangan.

Menafkahi Anak

memberikan nafkah kepada anak
sumber: Shiny Smile Dental Clinic

Salah satu kewajiban orang tua kepada anak adalah memberikan nafkah yang memenuhi untuk kehidupan sang anak. Nafkah yang diberikan oleh bapak dapat bermanfaat untuk menyokong kepentingan sang anak sepanjang jaman pertumbuhannya layaknya makan, minum, pendidikan, busana dan beraneka kepentingan dasarnya yang lain.

Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Yang Paling Utama dengan Mengajarkan Agama

mengajarkan ilmu agama kepada anak
sumber: Parenting 77

Pendidikan agama di dalam keluarga adalah mengenai yang paling perlu untuk ditanamkan kepada anak sejak dini. Peran bapak di dalam keluarga dan peran ibu di dalam keluarga adalah untuk mengajarkan agama secara pas kepada anak.

Bila bapak atau ibu belum mempunyai ilmu yang mendalam mengenai agama, langkah mendidik anak di dalam agama bisa di mulai kala anak diajarkan mengenai mengenai – mengenai yang mendasar lebih-lebih dulu layaknya shalat lima waktu, berpuasa, bersedekah dan mengenai – mengenai yang menyangkut kehidupan beragama sehari – hari.

 

Memberi Makanan yang Halal

Memberi Makanan yang Halal
sumber: thetot

Pemberian orang tua kepada anak haruslah berasal berasal dari hasil usahanya yang halal dan bersama dengan sumber nafkah yang baik. Membiasakan anak untuk mengkonsumsi makanan yang halal, beroleh pendapatan halal dan membelanjakan uangnya bersama dengan langkah yang halal maka dapat tumbuh bersama dengan sikap yang sederhana, jauh berasal dari bahaya bersikap boros dan pelit.

Menikahkan Anak dengan Calon yang Baik

Menikahkan Anak
sumber: Tribunnews.com

Ketika anak Anda udah mulai memasuki umur di mana seorang anak tersebut siap menikah, maka segeralah untuk menikahkan anak sebagai langkah menghindari & menjauhi zina bagi anak-anak remaja dan langkah efektif dalam menjauhi pergaulan bebas antara muda mudi zaman sekarang.

Anak muda seringkali mengambil langkah pacaran sebagai langkah memilih memastikan pendamping hidup, namun pacaran menurut Islam sesungguhnya tidak ada anjurannya sekalipun dikarenakan dapat mengarah kepada perbuatan zina dan dapat mengalami akibat pergaulan bebas tersebut.

Nikahkanlah anak terkecuali udah menemukan calon suami atau istri yang benar – benar baik dan cocok untuk mendampingi anak untuk menuju keluarga sakinah mawadah warahmah.

Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Bersikap Adil Kepada Anak

Bersikap Adil Kepada Anak
sumber: bazarvoice

Adil dalam perlindungan kepada anak benar-benar ditekankan sehingga tidak ada anak yang terasa dibedakan atau terasa ada penyebab orang tua memilih kasih terhadap anaknya. Kewajiban orangtua terhadap anak ini sangat penting.

Bagaimanapun anak-anak yang kami mempunyai hak yang seimbang dan tidak boleh dibedakan satu bersama dengan yang lainnya. Baik itu anak anak sulung, bungsu, tengah, maupun lainnya dalam perihal mendapat kasih sayang dan perlindungan orang tua. Karena itu perlakukanlah semua anak Anda bersama dengan adil dan sama.

Mengkhitankan Anak Laki-laki

Mengkhitankan Anak
sumber: Fun and Function

Ketika meraih umur tertentu, seorang anak laki – laki dapat memasuki waktunya dikhitan atau disunat. Pada dasarnya, tidak diberikan adanya batasan umur yang baku mengenai kapan waktu atau saat yang cocok dalam mengkhitankan anak. Semua itu berkenaan kepada kondisi dan kesiapan anak. Kewajiban mengkhitankan anak dicantumkan dalam hadits berikut:

“Dari Abu Hurairah mengenai sabda Nabi, yakni beliau bersabda bahwa: Fitrah itu ada lima, atau lima berasal berasal dari fitrah yakni pertama adalah khitan, kedua mencukur rambut kemaluan, ketiga memotong kuku, keempat mencabut bulu ketiak, dan kelima adalah memotong kumis.” (HR. Muslim)

Memberikan Pendidikan yang Baik

Memberikan Pendidikan yang Baik

Peran keluarga dalam pendidikan anak lebih-lebih orang tua adalah untuk mendidik anak bersama dengan sebaik – baiknya. Menurut nilai – nilai kehidupan yang baik yang udah mereka ketahui. Hali ini merupakan salah satu kewajiban orangtua terhadap anak.

Hal ini tentu saja bermanfaat sehingga anak nantinya dapat tumbuh menjadi pribadi yang mempunyai ciri – ciri layaknya orang baik hati. Juga sadar ajaran agama yang luas sehingga bisa melandasi kehidupannya bersama dengan ilmu agama.

Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Memberikan Kasih Sayang

Memberikan Kasih Sayang
sumber: blossomandberry.com

Rasulullah SAW mengajarkan untuk menjaga anak kami bersama dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang. Itulah unsur penting mengapa para orang tua berkewajiban dalam membesarkan putra-putrinya dengan utamakan di dalam segi kasih sayang kepada anak, dan bukan membesarkan anak dalam sudut pandang kekerasan. Jangan lupa untuk membuat calon bayi menjadi yang terbaik diperlukan cara agar rahim sehat.

Secara garis besar, adanya kewajiban- kewajiban orang tua terhadap anak di atas bisa dijadikan acuan bagi para orang tua terhadap kala membesarkan anak-anaknya. Kewajiban orang tua terhadap anak menurut Islam ini bisa membimbing orang tua sehingga cita-cita dan harapan yang diidamkan kala membesarkan anak bisa tercapai dan beroleh kebahagiaan.

Tinggalkan komentar